Monday 4 February 2013

Persiapan Instalasi Android

Android adalah salah satu sistem operasi yang banyak digunakan saat ini. Hal ini sistem operasi Android didukung dengan support-nya beberapa vendor besar seperti, Samsung, HTC, Motorola, LG, Nexian yang menggunakan sistem operasi ini dalam berbagai gadget yang di produksi. Sehingga menjadi Android lebih cepat populer dibandingkan dengan beberapa sistem operasi smartphone lainnya.

A.      Tahap Persiapan
Ada beberapa software yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan instalasi pada PC atau Laptop Anda, yaitu :
1.       JDK (Java Development Kit)
Android sebenarnya berbasis bahasa Java maka untuk itu diperlukan JDK untuk dapat menjalankan aplikasi Android dan dalamnya juga sudah terdapat (JRE) Java Runtime Environment). Jika ingin mendapatkannya dapat di unduh pada alamat berikut ini :
2.       SDK Android (Software Development Kit)
Jika ingin mengunduhnya dapat dilakukan melalui alamat berikut ini :
http://developer.android.com/sdk/index.html. disarankan untuk mendownload package terbaru untuk menjalankan pada sistem operasi yang anda gunakan.
3.       IDE Android (Integrated Development Environment)
Sebenarnya untuk membuat aplikasi ini juga dapat dilakukan menggunakan editor teks biasa seperti Notepad, Wordpad atau DroidDrow. Namun pertimbangan mengunakan IDE Eclipse diantaranya :
·         Eclipse telah menyediakan struktur dasar dalam pemrograman Android sehingga dapat memudahkan si pengguna karena tidak perlu menulis dari awal untuk semua kode programnya.
·         Eclipse telah mendukung Android Plugin, dan lain-lain. Untuk mengunduhnya dapat melaului alamat berikut ini : http://www.eclipse.org/downloads/.

B.      Proses Instalasi
Setelah software selesai di unduh, selanjutnya melakukan instalasi. Langkah-langkah untuk proses instalasi sebagai berikut :
1.       Instalasi JDK
2.       Instalasi Eclipse
Untuk instalasi Eclipse ikuti langkah berikut ini :
1)    Ketika pertama kali Eclipse dijalankan, Eclipse akan meminta kita untuk menentukan di derektori mana lingkungan kerja/workspace akan letakkan misalnya di D:\Android.
2)    Kita perlu menginstal Android Plugin for Eclipse. Klik pada menu Help > Install New Sofware.
3)    Berikut akan tampil kotak Install, masukkan alamat berikut pada bagian Work with : http://dl.ssl.google.com/android/eclipse/. Klik Add.
4)    Aktifkan tanda centang. Klik Next tunggu sampai proses download dan instalasi selesai.
5)    Sehingga akan muncul pesan bahwa beberapa paket software telah siap untuk di instal.
6)    Klik Next untuk melanjutkan ke proses berikutnya kemudian klik pada bagian I Accept the terms of the licence agreement.
7)    Klik Finish, sehingga proses instalasi dijalankan dan tunggu sampai selesai.
8)    Setelah selesai terinstal berarti ADT Plugin telah berhasil di instal pada IDE Eclipse. Selanjunya restart Eclipse dan nantinya juga diperlukan untuk memberi tahu Eclipse lokasi alamat SDK Android.
9)    Proses instalasi selesai dan Eclipse sudah siap untuk digunakan.

No comments:

Post a Comment

Selamat Datang di MIRWAN SOFTWARE | Dapatkan berbagai Software dan Tutorial Terbaru, serta Tips dan Trik meneraik mengenai komputer, Pemrograman | untuk kenyamanan dalam mendownload gunakan Internet Download Manager | Terima kasih atas kunjungan Anda.......